Potensi Sumber Daya Alam di Maluku Tengah

Potensi Sumber Daya Alam di Maluku Tengah
Kabupaten Maluku Tengah diyakini memiliki potensi dan nilai investasi yang cukup tinggi yang bisa dimanfaatkan bagi pembangunan di wilayahnya. Ada sejumlah potensi yang masih bisa dikembangkan di Maluku Tengah, termasuk di bidang kelautan dan perikanan.

Prospek investasi di Maluku Tengah sangat terkait dengan kualitas unggulan daerah. Potensi unggulan Maluku Tengah yang pertama adalah kelautan dan perikanan. Investasi yang telah ada yaitu pengembangan pengolahan hasil perikanan dan budidaya mutiara.

Adanya jenis ikan yang beranekaragam dan wilayah laut yang luas secara otomatis membuat potensi investasi masih sangat terbuka lebar. Sejauh ini, investor tingkat nasional dan internasional sudah ada di Banda, Seram Utara dan Amahai.

Belum lagi potensi lain yang tidak kalah menarik yaitu di sektor pariwisata. Di Maluku Tengah adalah Pantai Ora, Taman Nasional Laut Banda dan peninggalan-peninggalan bersejarah di Banda. Semua merupakan potensi dan nilai investasi yang tidak terukur manfaatnya.

Potensi lain yang tidak kalah menarik, menurutnya, adalah pengembangan lumbung beras, industri kelapa sawit, peternakan, jagung, kelapa, pala dan cengkeh. Nantinya pengembangan di sektor tersebut juga akan lebih diprioritaskan.

Terkait kendala infrastruktur, Pemda Maluku Tengah juga masih menggalakkan pengembangan infrastruktur baru. Termasuk pengembangan lapangan terbang di Banda. Bandara Banda sudah disurvei, sedangan bandara di Amahai dan Seram Utara sedang direncanakan untuk perluasan.

“Tiga bandara ini terlalu kecil dan sulit didarati pesawat-pesawat yang besar sehingga kunjungan para wisatawan memang sangat terganggu. Otomatis, investor yang mau masuk juga terganggung," ujarnya.

Guna merealisasikan pengembangan bandara di Maluku Tengah, Komisi 5 DPR RI pun telah meninjau lapangan terbang di Amahai. Pemerintah juga telah mengusulkan perpanjangan bandara sehingga bisa digunakan atau pembangunan bandara baru di sekitar kota Masohi.

"Percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Maluku Tengah salah satunya akan diprioritaskan pada peningkatan investasi. Peningkatan investasi akan diprioritaskan pada pengembangan pelayanan investasi satu atap,” kata Rakib.
Newest
Previous
Next Post »